Latest News

Tuesday, February 5, 2013

Bagaimana Cara Memperlajari Firman Allah?

Setidaknya ada 7 tahapan untu dapat mempelajari Firman Allah:
  1. Berdoalah untuk pertolongan Allah. Kita memerlukan pertolongan Allah untuk dapat mengerti apa yang kita pelajari dalam Alkitab. Kutiplah Mazmur 119:18 sebagai doa "Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban TauratMu."
  2. Bacalah ayat-ayat Alkitab dengan cermat di tempat yang tenang. Garis bawahilah ayat-ayat yang berkesan atau yang menurut kita adalah ayat-ayat emas yang mampu mengubah hidup kita. Perlu diingat, bahwa Allah berbicara kepada kita melalui FirmanNya.
  3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari ayat-ayat Alkitab. Periksalah setiap jawaban kita dengan baik. Jika kita tidak mengerti maksud dari pertanyaan dari ayat-ayat Alkitab, kita bisa meminta pertolongan dari teman atau melalui bantuan internet.
  4. Pelajarilah ayat-ayat hafalan. Bacalah setiap ayat hafalan dan alamatnya beberapa kali dengan nyaring hingga hafal. Kita bisa mencatat ayat beserta alamatnya pada kertas atau buku kecil, sehingga kita dapat membawanya kemana saja. Hafalkanlah ayat-ayat tersebut setiap hari, sehingga kita dapat menyatakannya dengan mudah.
  5. Renungkanlah Firman Allah yang telah kita baca, pelajari, dan hafalkan. Allah telah membuat janji-janji yang khusus kepada orang-orang yang merenungkan FirmanNya siang dan malam. Yosua 1:8, Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
  6. Laksanakanlah apa yang dikatakan Allah. Yakobus 1:22, Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. Bila kita mampu melakukan apa yang dikatakan Allah, maka kita dapat tumbuh kuat secara rohani dan dapat mengenal Allah lebih mendalam. Allah akan senantiasa menolong dan beserta kita pada saat kita melakukan FirmanNya. 
  7. Ceritakanlah Firman Tuhan kepada orang lain. Kita dapat menceritakan Firman Tuhan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita supaya orang lain juga diberkati melalui Firman Tuhan yang kita dapat, mampu merasakan kasih, dan mengenal Kristus dengan baik melalui FirmanNya.
-Y.J-
Sumber: Salah satu buku karangan V.R. Benson

No comments:

Post a Comment

Recent Post